KPU PROVINSI JAMBI SOSIALISAI PEMILU 2019 KE DAERAH RAWAN BENCANA DI KECAMATAN BATANG ASAI, SAROLANG

Senin, 29 Oktober 2018 | 16:09:29 WIB | Dibaca: 234 Kali


DIVISI SDM, SOSIALISASI, dan PARMAS KPU PROVINSI JAMBI DIDAMPINGI KABAG. HUKUM, TEKNIS & HUPMAS, BESERTA TIM KOMISIONER KPU SAROLANGUN MENUJU LOKASI RAWAN BENCANA

Tim Sosialisasi KPU Provinsi Jambi melaksanakan sosialisasi ke daerah rawan bencana, guna memberikan pencerahan bagi masyarakat yang relatif sulit diakses publik dan jarang dijangkau media dikarenakan kondisi daerahnya yang sering terjadi bencana. Adapun daerah bencana yang menjadi sasaran adalah Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangan, Jambi. Daerah ini memang terkenal dengan daerah rawan longsor dengan medan yang berat.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2018, bertepatan dengan Sumpah Pemuda dikumandangkan 90 tahun yang lalu tersebut difokuskan di Desa Batin Pengambang. Desa Batin pengambang dianggap strategis sebagai lokus karena akses menuju lokasi melalui medan yang menanjak dan dinding terjal (rawan longsor), infrastruktur jalan rusak berat dan komunikasi yang sulit, disamping itu memiliki Aula Serba-Guna yang memadai, berada di tengah-tengah diantara 7 Desa, kecamatan Batang Asai, dan relatif mudah dijangkau melalui transportasi darat.

Selanjutnya, peserta yang diundang meliputi para tokoh masyarakat, pengurus organisasi sosial dan penyelenggara ad.hock, khususnya angota PPS serta perangkat desa yang berasal dari 7 desa dalam wilayah adminsitrasi Kecamatan Batang Asai. Secara keseluruhan peserta yang diundang adalah sekitar 50 orang. Sementara, narasumber sosialisasi tersebut yakni Apnizal, S.P, komisioner KPU Provinsi Jambi, Divisi SDM, Sosialisasi dan Parmas.

 

Kemudian, materi sosialisasi yang disampaikan merupakan isu strategi yang perlu diketahui oleha masyarakat secara umum, yakni hari dan tanggal pelaksanaan Pemungtan Suara, kepastian terdaftar sebagai pemilih dalam rangka GMHP (gerakan melindungi hak pilih) peserta Pemilu Tahun 2019 dan lain sebaganya. Intinya, materi yang disampaikan dianggap dapat merujuk kepada peningkatan pengetahuan peserta menjadi pemilih yang cerdas yang akan ditransfer kepada masyarakat sekitarnya, dan dimulai dari basis keluarga. Pemilih cerdas diharapkan mampu mencari pemimpin berkualitas yang akan membawa perubahan kearah kesejahteraan rakyat. Disela-sela penyampaian materi Ti Sosialisasi membagi-bagi poster dari KPU dan memberikan hadiah pin KPU bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan pak Apnizal, S.P.

 

Hal yang menarik dari kegiatan sosialisasi yang terjun langsung ke tengah masyarakat asli (indegenous people) adalah nuansa keramahan dan keakraban penduduk lokal dalam menyambut Tim dari KPU Provinsi Jambi. Betapa tidak, Tim datang disambut dengan penuh keabraban yang diawali dengan sarapan bersama, antara Tim dengan peserta dan tokh lokal. Tegur sapa sepanjang perjalanan menuju gedung pertemuanpun sangat inten. Kegembiraan warga dikunjungi sangat kentara dari raut wajah kegirangan warga, satu per satu mereka bersalaman tangan dengan Tim yang dianggap tamu penting.

Tantangan berat justeru datang dari  jalan darat menuju lokasi. Tim harus melewati jalan bergelombag yang  berbatu-batu, berbelok-belok, tebing yang tinggi di pinggir Sungai Batang Asai, meniti puncak bukit barisan yang tinggi dan terjal serta terkenal dengan jalan yang satu-satunya menuju dan dari Batang Asai rawan longsor. Kondisi ini justeru menjadi tantangan menarik bagi Tim Sosialisasi, dikomnadoi Divisi Sosialisasi dan didampngi Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Jambi, Nasuhaidi, S.Pd., S.Sos., M.Si. Tim sepakat untuk menerima tantangan dan siap menembus lokasi apapun tantangan yang dihadapi, demi tegaknya demokrasi di pelosok desa di wilayah Sarolangun, Jambi. Semangat itu telah mampu mengalahkan tantangan dan terbukti acara berjalan lancar. Untuk menguatkan asa, Tim ini menyebut dirinya dengan nama Tim Adventur KPU Provinsi Jambi.          

Kuasa Tuhan, Hanya berselang beberapa saat setelah melewati titik longsor dalam perjalanan balik ke Sarolangun menuju Jambi terjadi longsor dan akibatnya jalan putus dan transportasi ke Batang Asai lumpuh. Namun demikian, pada perjalanan setelah melewati titik longsor dan hanya beberapa kilometer dari Kota Sarolangun, mobil yang ditumpangi Tim sosialisasi terpuruk dalam lumpur dalam di tengah jalan yang guyur hujan. Akhirnya, atas bantuan semua komponen penyelenggara Pemilu baik PPS, PPK maupun KPU Kabupaten Sarolangun, maka mobil bisa ditarik ke daerah yang lebih aman untuk melanjutkan route balik ke Jambi (Nsd).